Peduli Terhadap Makhluk Hidup


MATERI Tema 3 Subtema 3 Ayo Cintai Lingkungan Pembelajaran 5 Lengkap Edisi 2016
Tujuan pembelajaran :
1.Menggunakan daftar pertanyaan,siswa mampu menggali informasi melalui kegiatan wawancara dengan tepat.
2.Dengan melakukan wawancara,siswa mampu menyajikan laporan tertulis menggunakan kosa kata baku dan kalimat efektif dengan sistematis
3. Dengan observasi lingkungan ,siswa mampu mengidentifikasi pemanfaatan sumber daya alam hayati bagi kesejahteraan masyarakat dengan tepat.
4.Dengan observasi dan diskusi,siswa mampu menyajikan informsi hasil identifikasi pemanfaatan sumber daya alam hayati bagi kesejhteraan masyarakat dengan sistematis.
5. Dengan observasi,siswa mampu menjelaskan manfaat dari peduli dan melestarikan sumber daya alam dan lingkungan dengan tepat.
6. Dengan observasi,siswa mampu melakukan refleksi kebiasaan peduli dan melestarikan sumber daya alam dan lingkungan dalam bentuk tabel dengan sistematis.


Menjaga keseimbangan dan kelestarian lingkungan adalah merupakan wujud cinta terhadap lingkungan.Mencintai lingkungan adalah cara kita untuk ikut serta menjaga kelestarian lingkungan.
Mencintai lingkungan dapat dilakukan dengan cara sederhana,seperti :
# Membuang sampah pada tempatnya
# Menghemat penggunaan kertas
# Merawat tumbuhan dan hewan yang ada dirumah
# Menjaga tumbuhan dan hewan dimanapun kita berada,seperti tidak memeetik           daun,bunga,bakal buah tanpa tujuan.
Dengan melakukan kebiasaan - kebiasaan tersebut dalam keseharian,tentunya lingkungan akan terawat dan terjaga kelestariannya.

Siswa memperhatikan video tentang kehidupan Makhluk hidup yang ada di laut dan di hutan. kemudian siswa membuat resume tentang video yg ditayangkan tersebut secara kelompok.

Siswa memaparkan kedepan kelas hasil resumenya secara kelompok dan keompok lain boleh menanggapinya dan memberikan pertanyaan.Pertanyaan yang sulit akan dibantu jawab oleh guru.

Guru memberikan contoh gambar tumbuhan dan hewan yang tidak terawat<sbagai perbandingan.


guru memberikan penguatan tentang materi tersebut.
" Tumbuhan dan hewan mempunyai kehidupannya sendiri dan saling memberikan manfaat,jika kita bisa menjaganya dengan baik maka manfaat itu akan trus kita rasakan.Jaga dan cintai lingkungan dan makhluk hidup".


Komentar